Historiesnet

Sebuah Pencarian Sejarah

Selasa, 05 Mei 2020

Kisah Nyata di Balik Lagu Kere Munggah Mbale yang Dipopuperkan Didi Kempot

“Lagu Kere Munggah Mbale” ciptaan seniman kondang asal Pati Teguh Ribawanto yang sempat juga dipopulerkan oleh Didi Kempot ternyata diangkat dari kisah nyata. Hal ini dituturkan langsung oleh sang pencipta yakni pak Teguh saat berbincang dengan tim YouTube kami.

Pak Teguh bercerita bahwa lagu itu tercipta sebagai suara hati karena kekecewaan beliau dengan para penyanyi didikannya yang setelah sukses melah melupakan jasa pak Teguh. Tiga perempuan bersaudara yang tidak disebutkan identitasnya tersebut berhasil menjadi penyanyi lewat binaan pak Teguh yang memiliki grup campur sari RCL itu, namun sayang mereka malah seperti kacang yang lupa kulitnya.

Lagu “Kere Munggah Mbale” sendiri diciptakan dan dirilis oleh pak Teguh pada tahun 2004 silam sebagai koleksi pribadi namun kemudian malah booming pada sekitar tahun 2007. Lagu tersebut pada mulanya sempat ditawarkan kepada banyak penyanyi namun tidak ada yang merespon, termasuk kepada sang maestro campur sari Didi Kempot. Hingga pada akhirnya pada tahun 2008 penyanyi-penyanyi campur sari ternama saling berebut membawakan lagu tersebut seperti Cak Dikin dan Didi Kempot.

Pada saat dipopulerkan oleh Didi Kempot lagu Kere Munggah Mbale sampai menyabet penghargaan AMI AWARD kategori arasemen java orkestra terbaik pada tahun 2010 dan pak Teguh Ribawanto sebagai pencipta pun mendapat reward dari Didi Kempot lewat Indo Record.

Banyak hal yang dibahas pak Teguh Bersama tim YouTube kami terkait kisah dibalik lagu yang membanggakan masyarakat Pati tersebut. Simak saja ngobrol serunya di video berikut :

3 komentar:

  1. Ya Allah Alhmdllh... Bisa lihat pak teguh... Beliau... Sedikit banyak juga memberi bimbingan kepada saya.... Salam dari badak bass. Kurus.. Sukses terus bopo teguh / di kenal sebagai mbhae coro... Semoga panjang umur

    BalasHapus
  2. Badak bass. Dari kudus.. Salah ketik tadi 🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus